Senin, 12 Maret 2012

Tugas Bimbingan Belajar 2. B.Desi


SATUAN LAYANAN
BIMBINGAN DAN KONSELING

Kelas                                                   : VII SMP
Semester/Tahun                                   : I / 2012-2013
Hari/Tanggal                                       : Senin / 5 Maret 2012
Alokasi Waktu                                    : 1x45 Menit
Tempat                                                : Ruang kelas
Layanan/Bidang                                  : Layanan Informasi / Bimbingan Belajar
Judul/Spesifikasi Layanan                  : Cara meningkatkan Konsentrasi Belajar siswa
Fungsi Layanan                                   : Pemahaman dan Pengembangan
A.    Tujuan (khusus)

1.      Siswa mampu memahami cara yang digunakan dalam meningkatakan Konsentrasi  Belajar.
2.      Siswa mampu mengaplikasikan cara meningkatkan konsentrasi dalam kehidupan sehari-hari.
B.     Materi                          : Cara meningkatkan konsentrasi belajar (terlampir).
C.     Metode                        : Ceramah Diskusi dan Tanya jawab.
D.    Kegiatan Awal            : Mengucapkan salam, memperkenalkan diri serta memeriksa kehadiran siswa.
                                               
Kegiatan inti :
Eksplorasi :
1.      Menginformasikan materi yang akan disampaikan.
2.      Menjelaskan tujuan penyampaian materi kepada siswa.
3.      Memotivasi siswa untuk berpartiipasi aktif, Baik membaca, melihat dan berfikir.

Elaborasi :
1.      Siswa diberikan informasi mengenai cara meningkatkan konsentrasi belajar melalui materi yang ditayangkan melalui LCD.
2.      Siswa di beri tugas untuk berdiskusi tentang Tayangan video yang diberikan oleh guru pmbimbing.

Konfirmasi :
1.      Siswa menyimpulkan hasil diskusi tersebut.
2.      Guru memberikan motivasi terhadap siswa yang kurang aktif.
3.      Guru pembimbing memberikan  umpan balik terhadap  hasil eksplorasi dan elaborasi.

Kegiatan Akhir :
1.      Beberapa siswa diminta menyampaikan manfaat yang diperoleh setelah menerima layanan.
2.      Guru pembimbing menyampaikan harapan setelah siswa menerima layanan
E.     Alat dan Media                       : Alat Tulis, LCD & Laptop.
F.      Rencana Penilaian dan Tindak Lanjut
·         Penilaian Proses
mengamati perhatian, respon dan aktifitas siswa saat kegiatan layanan berlangsung.
·         Penilaian Hasil
v  Laiseg
Memberikaan pertanyaan lisan secara acak kepada siswa mengenai materi yang disampaikan.
v  Laijapen
Memantau perkembangan siswa berkaitan dengan peningkatan motivasi belajar, dengan melibatkan guru mata pelajaran.

v  Laijapang
Melakukan komunikasi dengan siswa ± 1 bulan untuk menilai
                                                pemahaman tentang layanan yang diberikan.


·   Tindak Lanjut
Mengadakan  layanan konsultasi kepada siswa yang dirasa perlu mendapatkannya.

G. Buku Sumber        : http://belajarpsikologi.com/tips-cara-meningkatkan-konsentrasi-belajar-anak/
H.    Biaya                           : Rp.5000,00-


   Mengetahui                                                                   Salatiga, 5 Maret 2012
  Kepala Sekolah                                                                Perencana Layanan


---------------------                                                           ---------------------





                              
Lampiran I. Materi
“Meningkatkan Konsentrasi Belajar Siswa”

Tips Cara Meningkatkan Konsentrasi Belajar Anak.
Hal terpenting dalam proses belajar adalah konsentrasi belajar anak. Anak akan mudah menangkap materi pelajaran jika anak merasa nyaman dan dapat berkonsentrasi dalam belajar. Pertanyaan saya, Apakah anda sudah meningkatkan konsentrasi belajar anda?
Berikut ini ada beberapa tips cara meningkatkan konsentrasi belajar :
1.      Hilangkan Beban dan Tugas-Tugas
Jika ada PR (pekerjaan rumah) sebaiknya diselesaikan dulu agar tidak kepikiran terus-menerus pd saat kegiatan belajar berlangsung. Lakukan identifikasi hal-hal yg hrs dilakukan / melaksanakannya agar tidak ada beban.
2.      Pikirkan Manfaat Belajar di Masa Depan
Untuk menyemangati kegiatan belajar kita harus sedikit berandai-andai, yakni kalau kita sudah besar nanti akan sukses jadi orang pandai, penghasilan besar, punya pacar cakep, dll. Dengan demikian maka kita akan menjadi lebih terpacu untuk meraih masa depan yang kita cita-citakan
3.      Jangan Terlalu Capek
Usahakan tidak membuat jadwal belajar dengan aktivitas fisik berlebih seperti olahraga, main seharian, jalan-jalan ke mall, dan lainnya. Kalau sudah terlanjur capek maka belajar sebentarpun sudah bisa membuat ngantuk. Bila pulang sekolah sebaiknya langsung tidur siang atau sore lalu stlh bangun tidur langsung belajar yg serius.
4.      Posisi Belajar Yang Pas
Belajar jangan dengan posisi tubuh yang salah seperti sambil tiduran, sambil jalan-jalan, sambil nonton tv, sambil ngobrol, sambil jongkok, dan lain sebagainya. Belajarlah dengan posisi duduk di meja belajar jika ada atau di meja dan kursi yang membuat kita senyaman di meja kursi sekolah atau kampus.
5.      Tempat yang tenang dan nyaman
Hindari lokasi belajar yg berisik/mudah menghilangkan konsentrasi belajar kita. Bila perlu menyendirilah anda di kamar tanpa suara apapun. Beritahu orang-orang di rumah kalau anda sedang belajar dan mohon untuk tidak diganggu beberapa waktu demi masa depan yang cemerlang.
 6.      Cari Tahu Metode Belajar Yang Tepat
Coba saja aktivitas tertentu yang menurut kamu dapat menunjang masuknya materi pelajaran ke dalam otak. misal sambil mendengarkan musik, sambil menyanyi, sambil keliling-keliling, sambil corat-coret kertas.
7.      Strategi Menghapal Materi Pelajaran
Jika punya kesulitan menghapal / memahami pelajaran maka sebaiknya membuat rangkuman pelajaran yang mudah dimengerti dan dpt dilihat / dibaca-baca kembali jika ada yang lupa. Bisa juga membuat hub.gambar-gambar yang mewakili point-poin pelajaran. Bisa juga merekam suara kita saat membaca materi pelajaran untuk didengar kembali. Bisa pula membuat pertanyaan-pertanyaan tertentu yang atas materi yg telah dipelajari, dan lainnya.
8.      Istirahat / Break Jika Lelah
Jangan dipaksakan tubuh yang lelah untuk terus belajar karena tidak ada gunanya. Percuma bila dipaksakan pun bisa-bisa menjadi sakit spt; pusing vertigo, demam, badan lemas, masuk angin, dan lain-lain. Pelajaran yang sudah dihapal pun mungkin saja bisa hilang.
9.      Lupakan Sejenak Masalah Cinta dan Pacar
Buat apa pacaran kalau masa depan kamu rusak. Lebih baik jangan pacaran dulu kalau belum punya pacar atau buat kesepakatan dengan kekasih pujaan hati untuk janji saling setia dan saling mendukung dalam kegiatan belajar mengajar akan terlupakan.
Selain dari metode belajar yang diperhatikan, ada juga beberapa hal yang harus kita ketahui, yaitu faktor fisik yang juga mendukung konsentrasi dalam belajar. Apabila kita benar – benar menguasainya, konsentrasi memiliki manfaat yang luar biasa terhadap hidup kita. Konsentrasi dapat meningkatkan produktivitas dan memberikan ketenangan pikiran.


Untuk itu saya juga akan memaparkan beberpa tips cara meningkatkan konsentrasi belajar anak dari segi fisik.
Tips Cara Meningkatkan Konsentrasi Belajar Anak
1. Minum Vitamin Otak
Kita semua tahu bahwa vitamin dapat melakukan banyak hal baik bagi tubuh kita. Jika Anda tidak memiliki nutrisi yang Anda butuhkan, maka otak kita akan memiliki kabut otak. Terdengar bodoh? Tapi itu benar.
2. Tingkatkan Aktivitas Fisik Anda
Jika Anda ingin meningkatkan konsentrasi, maka Anda harus mencoba untuk meningkatkan aktivitas fisik Anda. Olahraga secara teratur tidak hanya membantu penampilan fisik Anda tetapi juga meningkatkan konsentrasi Anda.
3. Kurangi Konsumsi Gula Anda
Ya, Anda harus mengurangi konsumsi gula Anda. Terlalu banyak mengkonsumsi gula dapat mengakibatkan efek yang keras pada tubuh Anda. Hal ini tidak akan membantu konsentrasi Anda. Memiliki kadar gula yang tinggi dalam sistem tubuh Anda dapat menyebabkan sistem tubuh Anda mudah terganggu.
4. Minum Banyak Air
Jika Anda tidak minum cukup banyak air, otak Anda akan menjadi lesu. Oleh karena itu, sangat masuk akal jika Anda minum banyak air. Minum air akan membantu untuk meningkatkan konsentrasi Anda.
5. Tidur Nyenyak Di Malam Hari
Jika Anda ingin memiliki hari yang sukses, maka sangat penting bagi Anda untuk memastikan Anda tidur dengan nyenyak di malam hari. Jika Anda tidak tidur dengan baik di malam hari, maka konsentrasi Anda tidak akan berjalan dengan baik pada hari berikutnya.
6. Menyelesaikan Masalah
Jika Anda memiliki sesuatu di pikiran Anda, maka hal itu dapat menyumbat konsentrasi Anda sampai Anda mengeluarkan hal itu dari pikiran Anda. Temukan seseorang yang Anda percaya dan ungkapkan semuanya. Ini bukan suatu hal yang salah, setiap orang melakukannya dari waktu ke waktu.
7. Mendapatkan Pijatan
Melakukan pijatan atau relaxsasi agar otot yang tegang menjadi relax dan kita menjadi lebih fresh. Pijatan yang baik selalu dapat meningkatkan konsentrasi saya dalam menjalani hari-hari yang sibuk.
 
Lampiran II. Pedoman Permainan

Judul                           : Permainan Zig-Zag.
Jumlah Peserta            : _ Di bagi menjadi 4 kelompok
                                      _ Setiap kelompok beranggotakan 5 orang
Tujuan                         : _ Meningkatkan daya tangkap siswa
                                      _ Melatih konsenstrasi
                                      _ Suasana belajar di kelas menjadi selalu segar
Sasaran                        : Siswa dalam kelas
Tempat                        : di Dalam kelas, di luar ruangan kelas
Waktu                         : ±10 menit
Langkah-langkah        :
a.       Membagi 4 kelompok, setiap kelompok beranggotakan 5 orang.
b.      Siswa bergabung dalam kelompok masing-masing, dan berbaris lurus ke belakang, kemudian siswa di minta untuk memegang bahu teman di depannya.
c.       Jika guru berkata Zig, maka siswa di minta untuk melompat ke depan,
d.      Jika guru berkata Zag, maka siswa harus melompat ke belakang,
e.       Jika guru berkata Zig 3x,  maka siswa harus melompat ke kiri,
f.       Jika guru berkata Zag 3x, maka siswa harus melompat ke kanan,
g.      Bagi kelompok yang melakukan kesalahan 3x, maka harus mundur dan di berikan hukuman.
Kesimpulan                 : Dari permainan tersebut, dapat meningkatkan kekompakan dan konsentrasi didalam kerja kelompok.


Lampiran III. Pedoman Diskusi Kelompok

1.      Apa yang kamu peroleh dari permainan Zig-zag tersebut ?
2.      Menurut anda, apakah permainan ini sulit atau mudah ?
3.      Apakah permainan ini membutuhkan konsentrasi ?
4.      Bagaimana perasaan anda setelah mmengikuti permainan Zig-zag ?
5.      Apakah anda mengalami kesulitan saat mengikuti permainan ini ?



Lampiran IV. Pedoman Observasi
No.
Aspek yang diamati
Jumlah
1.
Siswa yang aktif didalam kelas.
10 anak.
2.
Siswa yang tidak memperhatikan saat diberikan layanan.
2 anak.
3.
Siswa yang tidak mampu menjelaskan pedoman permainan.
_
4.
Siswa yang mengobrol sendiri saat materi disampaikan.
2 anak.
5.
Siswa yang mampu menyampaikan manfaat dari permainan Zig-zag.
5 anak.




Lampiran V. Laporan Pelaksanaan Layanan Bimbingan Belajar.

Ø  Judul / spesifikasi Layanan     : Cara meningkatkan Konsentrasi Belajar siswa.
Ø  Kelas                                       : VII SMP.
Ø  Waktu Pelaksanaan                 : Senin, 5 Maret 2012.
Hasil
Ø  Kegiatan Awal                       :  Setelah memasuki ruang kelas, guru pembimbing mengucapkan salam, memperkenalkan diri kepada siswa, kemudian memeriksa kehadiran siswa.
Ø  Kegiatan Inti                          : Sebelum memulai memberikan layanan kepada siswa, guru pembimbing menginformasikan materi apa yang akan diberikan. Kemudian menjelaskan tujuan dari penyampaian materi yang berjudul “cara meningkatkan konsentrasi belajar siswa”. Setelah itu guru memotivasi siswa untuk berpartisipasi aktif didalam membaca, melihat maupun berfikir pada saat penyampaian materi berlangsung. Setelah tahap eksplorasi selesai, dilanjutkan pada tahap elaborasi yaitu siswa diberikan informasi mengenai cara meningkatkan konsentrasi belajar yang tepat, setelah itu siswa diberikan tugas untuk berdiskusi tentang tayangan video yang diputarkan oleh guru pembimbing yang berkaitan dengan konsentrasi belajar.
Pada tahap konfirmasi, siswa diberi tugas untuk menyimpulkan tentang hasil diskusi yang mereka kerjakan, setelah semuanya menyimpulkan hasil diskusi, guru pembimbing memberikan motivasi terhadap siswa yang kurang aktif dan juga memberikan umpan balik terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi.
Ø  Kegiatan Akhir                       : Beberapa siswa diminta menyampaikan manfaat yang diperoleh setelah menerima layanan, kemudian guru pembimbing menyampaikan harapan kepada siswa setelah menerima layanan.
Ø  Penilaian Proses                      : Guru pembimbing mengamati perhatian, respon dan aktifitas siswa saat kegiatan layanan berlangsung.
Ø  Penilaian Laiseg                      : Guru pembimbing memberikaan pertanyaan lisan secara acak kepada siswa mengenai materi yang disampaikan, untuk mengukur seberapa jelas siswa memahami materi yang diberikan.
Ø  Penilaian Laijapen                   : Guru pembimbing memantau perkembangan siswa berkaitan dengan peningkatan konsentrasi belajar, dengan melibatkan guru mata pelajaran.
Ø  Penilaian Laijapang                : Melakukan komunikasi dengan siswa ± 1 bulan untuk menilai  pemahaman tentang layanan yang diberikan.
Ø  Tindak Lanjut                         : Guru pembimbing mengadakan  layanan konsultasi kepada siswa yang dirasa perlu mendapatkan bantuan dalam mengatasi masalah konsentrasi belajar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar