SATUAN LAYANAN
BIMBINGAN DAN KONSELING
Kelas :
VII SMP
Semester/Tahun :
I / 2012-2013
Hari/Tanggal :
Senin / 5 Maret 2012
Alokasi Waktu :
1x45 Menit
Tempat :
Ruang kelas
Layanan/Bidang :
Layanan Informasi / Bimbingan Belajar
Judul/Spesifikasi Layanan : Cara
meningkatkan Konsentrasi Belajar siswa
Fungsi Layanan :
Pemahaman dan Pengembangan
A.
Tujuan (khusus)
1.
Siswa mampu memahami cara yang digunakan dalam meningkatakan Konsentrasi Belajar.
2.
Siswa mampu mengaplikasikan cara meningkatkan konsentrasi
dalam kehidupan sehari-hari.
B.
Materi :
Cara meningkatkan konsentrasi belajar (terlampir).
C.
Metode :
Ceramah Diskusi dan Tanya jawab.
D.
Kegiatan Awal :
Mengucapkan salam, memperkenalkan diri serta memeriksa kehadiran siswa.
Kegiatan inti :
Eksplorasi :
1.
Menginformasikan materi yang akan disampaikan.
2.
Menjelaskan tujuan penyampaian materi kepada siswa.
3.
Memotivasi siswa untuk berpartiipasi aktif, Baik membaca,
melihat dan berfikir.
Elaborasi :
1.
Siswa diberikan informasi mengenai cara meningkatkan
konsentrasi belajar melalui materi yang ditayangkan melalui LCD.
2.
Siswa di beri tugas untuk berdiskusi tentang Tayangan video
yang diberikan oleh guru pmbimbing.
Konfirmasi :
1.
Siswa menyimpulkan hasil diskusi tersebut.
2.
Guru memberikan motivasi terhadap siswa yang kurang aktif.
3.
Guru pembimbing memberikan
umpan balik terhadap hasil
eksplorasi dan elaborasi.
Kegiatan Akhir :
1.
Beberapa siswa diminta menyampaikan manfaat yang diperoleh
setelah menerima layanan.
2.
Guru pembimbing menyampaikan harapan setelah siswa menerima
layanan
E.
Alat dan Media :
Alat
Tulis, LCD &
Laptop.
F.
Rencana Penilaian dan Tindak Lanjut
·
Penilaian Proses
mengamati perhatian, respon dan aktifitas siswa saat kegiatan
layanan berlangsung.
·
Penilaian Hasil
v Laiseg
Memberikaan
pertanyaan lisan secara acak kepada siswa mengenai materi yang disampaikan.
v Laijapen
Memantau
perkembangan siswa berkaitan dengan peningkatan motivasi belajar, dengan
melibatkan guru mata pelajaran.
v Laijapang
Melakukan
komunikasi dengan siswa ± 1 bulan untuk menilai
pemahaman tentang
layanan yang diberikan.
· Tindak Lanjut
Mengadakan layanan
konsultasi kepada siswa yang dirasa perlu mendapatkannya.
G. Buku Sumber : http://belajarpsikologi.com/tips-cara-meningkatkan-konsentrasi-belajar-anak/
H.
Biaya :
Rp.5000,00-
Mengetahui Salatiga, 5 Maret 2012
Kepala Sekolah Perencana
Layanan
--------------------- ---------------------
Lampiran I. Materi
“Meningkatkan
Konsentrasi Belajar Siswa”
Hal
terpenting dalam proses belajar adalah konsentrasi belajar anak. Anak akan
mudah menangkap materi pelajaran jika anak merasa nyaman dan dapat berkonsentrasi
dalam belajar. Pertanyaan saya, Apakah anda sudah meningkatkan
konsentrasi belajar anda?
Berikut ini
ada beberapa tips cara meningkatkan konsentrasi belajar :
1. Hilangkan Beban dan Tugas-Tugas
Jika ada PR (pekerjaan rumah) sebaiknya diselesaikan
dulu agar tidak kepikiran terus-menerus pd saat kegiatan belajar berlangsung.
Lakukan identifikasi hal-hal yg hrs dilakukan / melaksanakannya agar tidak ada
beban.
2. Pikirkan Manfaat Belajar di Masa Depan
Untuk menyemangati kegiatan belajar kita harus sedikit
berandai-andai, yakni kalau kita sudah besar nanti akan sukses jadi orang
pandai, penghasilan besar, punya pacar cakep, dll. Dengan demikian maka kita
akan menjadi lebih terpacu untuk meraih masa depan yang kita cita-citakan
3. Jangan Terlalu Capek
Usahakan tidak membuat jadwal belajar dengan aktivitas
fisik berlebih seperti olahraga, main seharian, jalan-jalan ke mall, dan
lainnya. Kalau sudah terlanjur capek maka belajar sebentarpun sudah bisa
membuat ngantuk. Bila pulang sekolah sebaiknya langsung tidur siang atau sore
lalu stlh bangun tidur langsung belajar yg serius.
4. Posisi Belajar Yang Pas
Belajar jangan dengan posisi tubuh yang salah seperti
sambil tiduran, sambil jalan-jalan, sambil nonton tv, sambil ngobrol, sambil
jongkok, dan lain sebagainya. Belajarlah dengan posisi duduk di meja belajar
jika ada atau di meja dan kursi yang membuat kita senyaman di meja kursi
sekolah atau kampus.
5. Tempat yang tenang dan nyaman
Hindari lokasi belajar yg berisik/mudah menghilangkan
konsentrasi belajar kita. Bila perlu menyendirilah anda di kamar tanpa suara
apapun. Beritahu orang-orang di rumah kalau anda sedang belajar dan mohon untuk
tidak diganggu beberapa waktu demi masa depan yang cemerlang.
6. Cari Tahu
Metode Belajar Yang Tepat
Coba saja aktivitas tertentu yang menurut kamu dapat
menunjang masuknya materi pelajaran ke dalam otak. misal sambil mendengarkan
musik, sambil menyanyi, sambil keliling-keliling, sambil corat-coret kertas.
7. Strategi Menghapal Materi Pelajaran
Jika punya kesulitan menghapal / memahami pelajaran
maka sebaiknya membuat rangkuman pelajaran yang mudah dimengerti dan dpt
dilihat / dibaca-baca kembali jika ada yang lupa. Bisa juga membuat hub.gambar-gambar
yang mewakili point-poin pelajaran. Bisa juga merekam suara kita saat membaca
materi pelajaran untuk didengar kembali. Bisa pula membuat
pertanyaan-pertanyaan tertentu yang atas materi yg telah dipelajari, dan
lainnya.
8. Istirahat / Break Jika Lelah
Jangan dipaksakan tubuh yang lelah untuk terus belajar
karena tidak ada gunanya. Percuma bila dipaksakan pun bisa-bisa menjadi sakit
spt; pusing vertigo, demam, badan lemas, masuk angin, dan lain-lain. Pelajaran
yang sudah dihapal pun mungkin saja bisa hilang.
9. Lupakan Sejenak Masalah Cinta dan Pacar
Buat apa pacaran kalau masa depan kamu rusak. Lebih
baik jangan pacaran dulu kalau belum punya pacar atau buat kesepakatan dengan
kekasih pujaan hati untuk janji saling setia dan saling mendukung dalam
kegiatan belajar mengajar akan terlupakan.
Selain dari metode belajar
yang diperhatikan, ada juga beberapa hal yang harus kita ketahui, yaitu faktor
fisik yang juga mendukung konsentrasi dalam belajar. Apabila kita benar – benar
menguasainya, konsentrasi memiliki manfaat yang luar biasa terhadap hidup kita.
Konsentrasi dapat meningkatkan produktivitas dan memberikan ketenangan pikiran.
Untuk itu
saya juga akan memaparkan beberpa tips cara meningkatkan konsentrasi belajar anak dari
segi fisik.
Tips Cara
Meningkatkan Konsentrasi Belajar Anak
1. Minum Vitamin Otak
Kita semua tahu bahwa vitamin dapat melakukan banyak
hal baik bagi tubuh kita. Jika Anda tidak memiliki nutrisi yang Anda butuhkan,
maka otak kita akan memiliki kabut otak. Terdengar bodoh? Tapi itu benar.
2. Tingkatkan Aktivitas Fisik Anda
Jika Anda ingin meningkatkan konsentrasi, maka Anda
harus mencoba untuk meningkatkan aktivitas fisik Anda. Olahraga secara teratur
tidak hanya membantu penampilan fisik Anda tetapi juga meningkatkan konsentrasi
Anda.
3. Kurangi Konsumsi Gula Anda
Ya, Anda harus mengurangi konsumsi gula Anda. Terlalu
banyak mengkonsumsi gula dapat mengakibatkan efek yang keras pada tubuh Anda.
Hal ini tidak akan membantu konsentrasi Anda. Memiliki kadar gula yang tinggi
dalam sistem tubuh Anda dapat menyebabkan sistem tubuh Anda mudah terganggu.
4. Minum Banyak Air
Jika Anda tidak minum cukup banyak air, otak Anda akan
menjadi lesu. Oleh karena itu, sangat masuk akal jika Anda minum banyak air.
Minum air akan membantu untuk meningkatkan konsentrasi Anda.
5. Tidur Nyenyak Di Malam Hari
Jika Anda ingin memiliki hari yang sukses, maka sangat
penting bagi Anda untuk memastikan Anda tidur dengan nyenyak di malam hari.
Jika Anda tidak tidur dengan baik di malam hari, maka konsentrasi Anda tidak
akan berjalan dengan baik pada hari berikutnya.
6. Menyelesaikan Masalah
Jika Anda memiliki sesuatu di pikiran Anda, maka hal
itu dapat menyumbat konsentrasi Anda sampai Anda mengeluarkan hal itu dari
pikiran Anda. Temukan seseorang yang Anda percaya dan ungkapkan semuanya. Ini
bukan suatu hal yang salah, setiap orang melakukannya dari waktu ke waktu.
7. Mendapatkan Pijatan
Melakukan pijatan atau
relaxsasi agar otot yang tegang menjadi relax dan kita menjadi lebih fresh. Pijatan yang baik selalu dapat meningkatkan konsentrasi
saya dalam menjalani hari-hari yang sibuk.
Lampiran II. Pedoman Permainan
Judul :
Permainan Zig-Zag.
Jumlah Peserta : _ Di bagi menjadi 4 kelompok
_ Setiap kelompok beranggotakan 5 orang
Tujuan : _
Meningkatkan daya tangkap siswa
_ Melatih konsenstrasi
_ Suasana belajar di kelas menjadi selalu
segar
Sasaran :
Siswa dalam kelas
Tempat : di
Dalam kelas, di luar ruangan kelas
Waktu : ±10
menit
Langkah-langkah :
a.
Membagi 4 kelompok, setiap kelompok beranggotakan 5 orang.
b.
Siswa bergabung dalam kelompok masing-masing, dan berbaris
lurus ke belakang, kemudian siswa di minta untuk memegang bahu teman di
depannya.
c.
Jika guru berkata Zig, maka siswa di minta untuk melompat ke
depan,
d.
Jika guru berkata Zag, maka siswa harus melompat ke belakang,
e.
Jika guru berkata Zig 3x,
maka siswa harus melompat ke kiri,
f.
Jika guru berkata Zag 3x, maka siswa harus melompat ke kanan,
g.
Bagi kelompok yang melakukan kesalahan 3x, maka harus mundur
dan di berikan hukuman.
Kesimpulan : Dari permainan tersebut, dapat meningkatkan
kekompakan dan konsentrasi didalam kerja kelompok.
Lampiran III. Pedoman Diskusi Kelompok
1.
Apa yang kamu peroleh dari permainan Zig-zag tersebut ?
2.
Menurut anda, apakah permainan ini sulit atau mudah ?
3.
Apakah permainan ini membutuhkan konsentrasi ?
4.
Bagaimana perasaan anda setelah mmengikuti permainan Zig-zag
?
5.
Apakah anda mengalami kesulitan saat mengikuti permainan ini
?
Lampiran IV. Pedoman Observasi
No.
|
Aspek yang diamati
|
Jumlah
|
1.
|
Siswa yang aktif didalam kelas.
|
10 anak.
|
2.
|
Siswa yang tidak memperhatikan saat diberikan layanan.
|
2 anak.
|
3.
|
Siswa yang tidak mampu menjelaskan pedoman permainan.
|
_
|
4.
|
Siswa yang mengobrol sendiri saat materi disampaikan.
|
2 anak.
|
5.
|
Siswa yang mampu menyampaikan manfaat dari permainan Zig-zag.
|
5 anak.
|
Lampiran V. Laporan Pelaksanaan Layanan Bimbingan Belajar.
Ø Judul / spesifikasi Layanan : Cara meningkatkan Konsentrasi Belajar
siswa.
Ø Kelas : VII SMP.
Ø Waktu Pelaksanaan : Senin, 5 Maret 2012.
Hasil
Ø Kegiatan Awal : Setelah memasuki ruang kelas, guru pembimbing
mengucapkan salam, memperkenalkan diri kepada siswa, kemudian memeriksa
kehadiran siswa.
Ø Kegiatan Inti : Sebelum memulai
memberikan layanan kepada siswa, guru pembimbing menginformasikan materi apa
yang akan diberikan. Kemudian menjelaskan tujuan dari penyampaian materi yang
berjudul “cara meningkatkan konsentrasi belajar siswa”. Setelah itu guru
memotivasi siswa untuk berpartisipasi aktif didalam membaca, melihat maupun
berfikir pada saat penyampaian materi berlangsung. Setelah tahap eksplorasi
selesai, dilanjutkan pada tahap elaborasi yaitu siswa diberikan informasi
mengenai cara meningkatkan konsentrasi belajar yang tepat, setelah itu siswa
diberikan tugas untuk berdiskusi tentang tayangan video yang diputarkan oleh
guru pembimbing yang berkaitan dengan konsentrasi belajar.
Pada tahap konfirmasi, siswa diberi tugas untuk menyimpulkan
tentang hasil diskusi yang mereka kerjakan, setelah semuanya menyimpulkan hasil
diskusi, guru pembimbing memberikan motivasi terhadap siswa yang kurang aktif
dan juga memberikan umpan balik terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi.
Ø Kegiatan Akhir : Beberapa siswa diminta
menyampaikan manfaat yang diperoleh setelah menerima layanan, kemudian guru
pembimbing menyampaikan harapan kepada siswa setelah menerima layanan.
Ø Penilaian Proses : Guru pembimbing
mengamati perhatian, respon dan aktifitas siswa saat kegiatan layanan
berlangsung.
Ø Penilaian Laiseg : Guru pembimbing memberikaan
pertanyaan lisan secara acak kepada siswa mengenai materi yang disampaikan,
untuk mengukur seberapa jelas siswa memahami materi yang diberikan.
Ø Penilaian Laijapen : Guru pembimbing memantau
perkembangan siswa berkaitan dengan peningkatan konsentrasi belajar, dengan
melibatkan guru mata pelajaran.
Ø Penilaian Laijapang : Melakukan komunikasi dengan
siswa ± 1 bulan untuk menilai pemahaman
tentang layanan yang diberikan.
Ø Tindak Lanjut : Guru pembimbing
mengadakan layanan konsultasi kepada
siswa yang dirasa perlu mendapatkan bantuan dalam mengatasi masalah konsentrasi
belajar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar